Rabu, 08 Oktober 2014

Tugas Datawarehouse 2

Arsitektur Data Warehouse
Sebuah sistem data warehouse memiliki dua arsitektur utama yaitu data flow architecture dan system architecture . Dataflow architecture adalah tentang bagaimana menyimpan data tersebut diatur dalam sebuah gudang data dan bagaimana data mengalir dari sistem sumber ke pengguna melalui menyimpan data tersebut . System architecture adalah tentang konfigurasi fisik dari server , jaringan, perangkat lunak , penyimpanan , dan klien .
Arsitektur Aliran Data (Data Flow Architecture)
Single DDS (DDS Tunggal)
Pada bagian ini , Anda akan belajar tentang arsitektur aliran data sederhana yang hanya terdiri dari dua data store yaitu stage dan DDS . Dalam arsitektur ini, menyimpan data warehouse inti dalam format dimensional .
Dalam arsitektur DDS tunggal , Anda memiliki menyimpan data satu dimensi . DDS terdiri dari satu atau beberapa dimensi data mart . Sebuah dimensi data mart adalah sekelompok tabel fakta terkait dan tabel dimensi yang sesuai yang berisi pengukuran kegiatan bisnis dan dikategorikan berdasarkan dimensi.
Keuntungan dari arsitektur DDS tunggal yaitu struktur arsitektur yang lebih sederhana dari tiga struktur arsitektur berikutnya . Hal ini dikarenan data daristage dimuat langsung ke penyimpanan data dimensi , tanpa pergi ke setiap jenisstore yang dinormalisasi terlebih dahulu. Kerugian utama adalah bahwa hal itu lebih sulit, dalam arsitektur ini untuk membuat DDS kedua. Sebuah DDS dalam DDS tunggal merupakan store data master yang berisi satu set lengkap data dalam data warehouse.
1
NDS + DDS
Dalam arsitektur aliran data NDS + DDS, ada tiga penyimpanan data yaitu stage, NDS, dan DDS. Arsitektur ini mirip dengan arsitektur DDS tunggal, tetapi memiliki penyimpanan data yang dinormalisasi di depan DDS. NDS dalam bentuk relasional normal ketiga atau lebih tinggi. Tujuan memiliki NDS ada dua. Pertama, mengintegrasikan data dari beberapa sistem sumber. Kedua, mampu memuat data ke dalam beberapa DDSS. Berbeda dengan arsitektur DDS tunggal, dalam arsitektur NDS + DDS Anda dapat memiliki beberapa DDSS.
2
ODS + DDS
Arsitektur ini mirip dengan arsitektur NDS + DDS. Seperti NDS, ODS adalah dalam bentuk normal ketiga atau lebih tinggi. Berbeda dengan NDS, ODS hanya berisi versi terbaru dari data master, ia tidak memiliki data master historis. Struktur entitasnya seperti sebuah database OLTP. ODS tidak memiliki kunci pengganti. Kunci pengganti diselenggarakan dalam ETL DDS.ODS mengintegrasikan data dari berbagai sistem sumber. Data dalam ODS dibersihkan dan terintegrasi. Data mengalir ke ODS telah melewati penyaringan DQ.
3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar